Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Air Terjun Coban Sewu Lumajang | Coban Sewu atau Tumpak Sewu adalah objek wisata air terjun yang berlokasi tepat di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Coban artinya air terjun, sedangkan Sewu artinya Seribu. Dinamakan Sewu, karena jumlah jalur luncuran air terjunnya memang lebih dari satu, Kabupaten Lumajang ahir – ahir ini banyak bermunculan destinasi wisata baru, setelah wisata b29 argosari sekarang para traveler di kagetkan dengan wisata air terjun coban sewu atau tumpak sewu, air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Karena masih baru sehingga masih sedikit info-info mengenai wisata air terjun ini tentunya masih sangat alami.

Awalnya air terjun coban sewu atau air terjun tumpak sewu Lumajang menjadi salah satu kunjungan favorit wisatawan lokal namun pada saat ini sudah banyak di kunjungi para wisatawan mancanegara, seperti kita ketahui bahwasanya lumajang juga memilki gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, dan air terjun coban sewu ini adalah merupakan air terjun indah di kaki gunung semeru, jadi tentunya akan memberikan kesan yang sangat mendalam ketika berada di kawasan wisata air terjun coban sewu atau tumpak sewu lumajang ini. air terjun yang berada di kabupaten lumajang ini berbeda dengan air terjun kebanyakan yang ada di jawa timur, seperti Air terjun Coban Rondo Malang, dan Air Terjun Madakaripura Probolinggo.

Keberadaan Air Terjun Coban Sewu Atau Tumpak Sewu

Sebenarnya Air Terjun Coban Sewu Lumajang atau tumpak sewu ini sudah sangat lama dan masih disembunyikan oleh warga sekitar karena warga khawatir tidak terawat obyek wisatanya seperti goa tetes yang merupakan satu jalur menuju air terjun tumpak sewu ini, namun setelah melihat perkembangan destinasi wisata batu yang dimiliki kabupaten lumajang yaitu Wisata B29 yang berada di desa Argosari yang kemudian senter terkenal dengan keindahan wisata diatas awan, ahirnya masyarakat percaya dan ulai mengenalkan kepada media dan menjadi kunjungan menarik sampai saat ini,.

Rute dan Akses Menuju Air Terjun Coban Sewu Atau Tumpak Sewu

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini dapat melalui Kota Malang/Lumajang karena lokasinya berada di dua kabupaten yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang  – Jawa Timur jika dari kota Malang yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo, kemudian setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini. Sama halnya seperti menuju lokasi Air Terjun Goa Tetes, rute menuju air terjun tumpak sewu dapat dilalaui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Kita Melalui Jalur Surabaya – Pasuruan – Probolinggo dan Terahir Kabupaten Lumajang, dari Kab, Lumajang Meemerlukan Waktu sekitar 1 jam untuk menuju air terjun coban sewu atau tumpak sewu, setelah tiba di perbatasan kabupaten malang dan lumajang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada jalan menurun yang berada di kiri jalan, Kemudian kita lurus saja sampai ke tepi sungai, jika kita memakai kendaraan motor, kita harus menitipkan di tempat parkir yang tersedia (di tempat penambangan pasir), lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, setelah itu barulah kita sampai di Lokasi air terjun Coban Sewu Lumajang, dan kita dapat menikmati keindahan Coban Sewu dari atas, jika kita ingin melihat air terjun dari bawah maka kita harus turun melalui Goa Tetes, kemudian di lanjut dengan berjalan menyusuri sungai dengan melawan arus.

Tips Menuju Air Terjun Coban Sewu

Untuk melakukan perjalanan menuju titik air terjun Coban sewu Lumajang tidaklah mudah mengingat rute yang akan di lewati akan sangat exstream, jadi perlu persiapan yang sangat matang, dan yang perlu di perhatikan adalah bahwasanya air terjun coban sewu berbeda dengan air terjun lainnya, Kita harus menyusuri sungai, naik turun tebing licin yang penuh lumut. tentu kita harus ekstra kuat dan hati-hati. Air Terjun ini bisa tergolong wisata ekstrim yang identik dengan petualangan atau Adventure. jadi yang perlu anda siapkan adalah, sandal outdor (bisa sandal gunung), sepatu outdoor, pakailah jasa guide lokal karena untuk menuju titik air terjun sangatlah sulit, serta jangan lupa bawa tas kresek gunanya untuk menyimpan Hp atau barang elektronik yang lain.  karena kita menyusuri sungai pegunungan, tentu desiran angin kencang membawa butiran-butiran air terjun yang menerpa dan membasahi kita, dan jika tour kita berjumblah besar atau berupa Tour Group, maka membawa tali akan sangat membantu untuk naik turun tebing, dan mengingat untuk menuju air terjun ini membutuhkan waktu yang sangat lama disarankan juga untuk membawa bekal yang cukup, seperti air minum dan makanan, serta pastikan juga cuaca cerah, karena ketika mendung dan hujan bisa dipasikan tidak bisa menuju air terjun coban sewu lumajang karena di kawatirkan banjir datang tiba tiba dan membahayakan nyawa anda.

Demikian postingan Air Terjun Coban Sewu Lumajang, semoga bermanfaat dan menjadi referensi wisata ketika anda berada di jawa timur apalagi berada di Kabupaten Lumajang. Untuk pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo batu malang, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Paket Wisata Bromo Midnight
Paket Wisata Bromo 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Bromo Madakaripura 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Bromo Rafting 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Bromo Honeymoon 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Bromo Malang 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Bromo Kawah Ijen 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Bromo Malang Batu 4 Hari 3 Malam

It's only fair to share...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookShare on LinkedInPin on Pinterest

You may also like...