Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (TNB) merupakan salah satu kawasan konservasi alam yang didalamnya memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem memiliki beragam manfaat berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih serta pemandangan alam. Kedua manfaat tersebut berada pada suatu ruang dan waktu yang sama, sehingga diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumberdaya dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.

Taman Nasional Baluran memiliki beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan. Beberapa daerah di TNB yang sering dikunjungi wisatawan serta masyarakat untuk berbagai keperluan terutama yang dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata antara lain: Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Evergreen Forest, Bekol, Bama, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean, serta Candi Bang.

Adapun wisatawan yang berkunjung ke TNB meliputi wisatawan domestik serta wisatawan mancanegara. Dari berbagai obyek wisata yang ada di TNB sebagian telah dikembangkan menjadi produk wisata, antara lain Gua Jepang, Curah Tangis, Visitor Centre, Candi Bang, Savana Semiang, Savana Bekol, Evergreen Forest Bekol, dan Pantai Bama.

Berdasarkan beberapa referensi yang saya baca, orang menyebut Baluran sebagai Little Africa in Java (aafrikanya indonesia) yang mana kita dapat melihat padang rumput dan juga beberapa satwa dan tumbuhan. ketika anda berlibur di jawa timur yakni di wisata bromo, wisata batu malang dan wisata kawah ijen sempatkan untuk menikmati konservasi alam TNB yang merupakan ikon Jawa timur indonesia ini. 😀

Lokasi dan letak Taman Nasional Baluran

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas-batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar.Berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997 kawasan TN Baluran seluas 25.000 Ha. Sesuai dengan peruntukkannya luas kawasan tersebut dibagi menjadi beberapa zona berdasarkan SK. Dirjen PKA No. 187/Kpts./DJ-V/1999 tanggal 13 Desember 1999 yang terdiri dari: zona inti seluas 12.000 Ha, zona rimba seluas 5.537 ha (perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha), zona pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha, zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha, dan zona rehabilitasi seluas 783 Ha.

Sedangkan dari segi pengelolaan dibagi menjadi dua Seksi Pengelolaan, yaitu: Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Bekol, meliputi Resort Bama, Balanan dan Perengan, Seksi Pengelolaan Wilayah II Karangtekok meliputi Resort Watu Numpuk, Labuhan Merak dan Bitakol.

Ada dua tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Savana Bekol serta Pantai Bama. Total jarak yang harus kami tempuh untuk berkunjung ke kedua tempat tersebut adalah 12 km. Kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju Savana Bekol. Jalanan ke Savana Bekol sangat baik walaupun sedikit bergelombang. Di kanan dan kiri jalan kami dapat melihat pohon-pohon yang rimbun dan tinggi.

Savana Bekol

Savana Bekol

Sebelum sampai di Savana Bekol mobil kami berhenti dijalan. Gunung Baluran berdiri kokok tepat didepan kami. Gunung ini diselimuti oleh langit yang biru. Sambil bergurau, saya bilang bahwa saya jarang sekali melihat langit biru di Jakarta. Polusi kendaraan memang sangat parah di Jakarta saat ini. Beruntung sekali saya dapat melihat pemandangan seperti ini. Saya pun mulai mengabadikan keindahan Gunung Baluran dengan kamera saya. Kami kemudian melanjutkan perjalanan dan sampai didepan Savana Bekol. Pemandangan speaktakular ada didepan kami. Rumput savana yang hijau dengan latar belakang gunung dan langit biru membuat Savana Bekol menjadi tempat yang sangat indah. Pemandangan yang tidak saja jarang saya lihat tetapi saya juga dapat merasakan kebesaran sang pencipta. Inilah Indonesiaku.

Suasana sangat damai dan dengan leluasa kami dapat bermain dan mengambil foto. Namun demikian sayang sekali kami tidak dapat menemui rusa atau banteng di sini. Mungkin karena udara sudah begitu panas ketika kami sampai sana. Hanya saja dikejauhan kami dapat melihat beberapa rusa yang berteduh di bawah pohon.

Setelah itu, kami kemudian melanjutkan pergi ke bagian lain di Savana Bekol. kawasan TNB Juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti penginapan, kantin, serta musholla. Hanya saja karena hari Senin, kantin tidak buka. Pastikan bahwa Anda membawa perbekalan yang cukup jika ingin datang pada hari kerja. Di kawasan ini juga terdapat menara pandang di mana Anda dapat menikmati pemandangan Baluran dari atas gardu pandang.

Hutan Mangrove di Pantai Bama

Pantai Bama

Setelah puas menikmati keindahan Savana Bekol, kami kemudian pergi ke Pantai Bama yang berjarak kurang lebih 3 km. Di perjalanan kami bertemu banyak sekali dengan monyet dan beberapa burung. Monyet-monyet ini terkesan malu-malu tapi agak nakal. tidak sedikit ketika anda berada di sini barang bawaan anda dicuri oleh monyet nakal yang berada disini. Setelah beberapa saat akhirnya kami sampai di Pantai Bama. Suasana juga sangat sepi dan hanya ada beberapa pengunjung termasuk turis asing. Hutan Mangrove Pantai Bama nampak indah dengan pasir putihnya. Rasanya ingin sekali badan ini menyebur ke laut pada saat itu. Beberapa kapal nelayan nampak terlihat didepan kami.

Kemudian kami lanjutkan untuk makan siang. Sesudah itu kami mulai menyusuri pantai dan bermain dengan air. Air disini sangat jernih dan pantai juga bersih sekali. Sesekali kami dapat melihat ikan yang berenang dipinggir pantai. Untuk menjaga pantai dari kerusakan alam, di Pantai Bama juga terdapat hutan Mangrove. Hampir sama dengan hutan Mangrove di Kepulauan Seribu, hutan disini juga tertata dengan baik serta hijau. pemandangan laut dan juga ikan-ikan bisa juga anda nikmati disini.

Demikian informasi tentang Taman Nasional Baluran semoga bermanfaat, untuk pemesanan paket wisata bromo murah, paket wisata bromo malang batu, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Taman Nasional Baluran

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Paket Liburan Bromo Tour Mindight

Paket Liburan Bromo Tour 2 Hari 1 Malam

Paket Liburan Bromo Tour Madakaripura 2 Hari

Paket Liburan Bromo Tour Rafting 2 Hari 1 Malam

Paket Wisata Bromo Honeymoon 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Bromo Malang 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Bromo Kawah Ijen 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Bromo Ranu Kumbolo 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Trekking Semeru 3 Hari 2 Malam

It's only fair to share...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookShare on LinkedInPin on Pinterest

You may also like...